Jumat, 22 Februari 2013

BAB 3 : Akses Internet

BAB 3 : Akses Internet





A. Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet


                Untuk dapat mengakses internet, kita membutuhkan browser (perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet). Ada beberapa browser yang dapat digunakan untuk mengakses internet, diantaranya adalah Internet ExplorerMozilla FirefoxOperaGoogle Chrome dan Netscape Navigator. Browser yang paling banyak digunakan saat ini adalah Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Berikut ini penjelasan tentang browser tersebut.


1. Internet Explorer


                Internet Explorer merupakan browser bawaan dari sistem operasi Windows. Saat ini, Internet Explorer sudah mengeluarkan berbagai versi. Versi yang terakhir adalah versi 8. 
                Internet Explorer banyak digunakan para pengakses Internet untuk melakukan browsing karena memiliki kelebihan, diantaranya :

1) Internet Explorer tidak memerlukan memori komputer yang terlalu besar sehingga menghambat alur kerja program lain yang sedang berjalan secara bersamaan dengan program Internet Explorer.

2) Jika komputer menggunakan sistem operasi Windows, Internet Explorer sudah secara otomatis terinstal. Oleh larena itu, tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu.

3) Internet Explorer sudah terintegerasi dengan Microsoft Outlook ataupin Outlook Express sehingga lebih memudahkan untuk mengirim dan membaca e-mail.

                Selain memiliki kelebihan, Internet Explorer juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu :

1) Ukuran aplikasinya besar, dapat mencapai 8- MB.

2) Belum terintegerasi dengan berbagai perangkat lunak download manager sseperti Internet Download Manager, Flash Got, Free Download Manager dan lain-lain.

3) Fitur-fiturnya masih sedikit jika dibandingkan dengan Mozilla Firefox.

4) Kecepatan dalam melakukan browsing masih lebih lambat jika dibandingkat dengan Mozilla Forefox.

5) Hanya dapat digunakan pada komputer yang menggunakan sisterm operasi Windows, sedangkan pada sistem operasi Linux dan Mac tidak dapat menggunakannya.


2. Mozilla Firefox


                Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antarplatform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

                Kelebihan Mozilla Firefox adalah :

1) Ukuran aplikasi yang relatif lebih kecil, yaitu hanya sekitar 7,3 MB.

2) Mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aks, baik berupa tombol pintas, misalnya Ctrl + T untuk membuka Tab baru, maupun gerakan mouse pintas (mouse gesture), misalnya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya.

3) Memiliki fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus.

4) Fiturnya lebih banyak dari Internet Explorer.

5) Tampilan browser dapat dikostumisasi menggunakan skin.

6) Tampilan halaman yang lebih luas dan area toolbar lebih ringkas.

7) Kecepatan aksesnya lebih cepat daripada Internet Explorer.

                Mozilla Firefox juga memilik beberapa kekuarangan, yaitu :

1) Tidak terintegrasi dengan Micrsoft Outlook ataupun Outlook Express.

2) Memakan banyak memori komputer sehingga sering menganggu proses dari program lain yang berjalan bersamaan dengan Mozilla Forefox.

4) Harus diinstal terlebih dahulu, tidak otomatis seperti halnya Internet Explorer yang terinstal bersama dengan sistem operasi Windows.



B. Mengakses Halaman Web


                Dalam mengakses halaman web, kita perlu mengenal komponen ikon pada browser dan fungsinya.


C. Mengenal Mesin Pencari (Search Engine)


                Mesin pencari (search engine) merupakan situs tertentu yang dirancang khusus untuk menemukan alamat web site atau artikel berdasarkan kata kunci yang diinginkan oleh pencari informasi. Berikut adalah mesin pencari yang dapat diakses oleh internet :



1. Google (www.google.com atau www.google.co.id )
2. Altavista (www.altavista.com )
3. Excite (www.excite.com )
4. Yahoo (www.yahoo.com atau www.yahoo.co.id)
5. Scirus (www.scirus.com )
6. FinQoo (www.finqoo.com )
7. Alltheweb (www.alltheweb.com )



D. Layanan Internet


1. E-mail (surat elektronik)

                Fasilitas e-mail adalah fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan. Jika dianalogikan, e-mail memiliki fungsi yang sama dengan pengiriman surat melalui Kantor Pos. Tetapi, terdapat beberapa perbedaan anatara mengirim suurat melalui e-mail dengan mengirim surat lewat kantor pos, yaitu :

a) Jumlah lembar kertas surat yang akan dikirimkan tidak terbatas diukur dengan ukuran ruang dalam penyimpanan (bytes). Kita dapat mengirim ratusan bahkan ribuan lembr surat melaui e-mail. Sedangkan lewat kantor pos ratusan bahkan ribuan orang yang mengantri untuk mengirim surat dan harus membayarnya. Maka dari itu mengirim surat lewat e-mail lebih praktis dan efisien.

b) Pengirimian pesan atau surat melalui e-mail dapat dilakukan ke banyak orang sekaligus.

c) Pengiriman pesan atau surat melalui e-mail akan mempercepat waktu pengiriman. Jika harus menempuh perjalan ratusan kilometer antarpulau, maka pengiriman melalui e-mail akan lebih efektif dan efisien.

d) Pengiriman melalui e-mail tidak dipengaruhi keadaan cuaca. Selama jaringannya masih baik, pesan akan sampai dengan semestinya. 


2. Malling List (Mills) 


                Malling list merupakan kumpulan atau daftar orang-orang yag yang memiliki profesi atau kegemaran yang sama. Pesan yang sampai kepada seorang anggota Mills akan disebarkan secara otomati kepada anggota mills lainnya. Oleh karena itu, untuk membangun kebersamaan dan kerjasama sangat baik jika difasilitasi dengan mills.
                Malling list adalah group diskusi yang ada diinternet, dimana setiap orang dapat berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirmkan balasannya. Secara sederhana, malling list adalah sebuah daftar alamat e-mail orang-orang yang mempunyai kesukaan atau kepentingan yang sama.


3. Chatting 


                Chatting meripakan sarana yang murah bagi para pengakses untuk berkomunikasi secara tekstual. Jadi, pengguna internet dapat berkomunikasi melalui tulisan. Kemudia rekan pengguna yang lain akan membalas dalam berbentuk tertulis pula. 
                Perkembangan teknologi komputer dan jaringan telah melahirkan kemampian chatting yang disertai suara. Komunikasi lisan melalui Chatting sama dengan komunikasi melalui pesawat telepon. Bagi para pengguna yang telah melengkapi perangkat komputernya dengan fasilitas Web Cam, mereka dapat melakukan chatting dengan melihat wajah lain untuk diajak bercakap-cakap.


4. File Transfer Protocol (FTP)


                Melalui Internet, kita juga dapat mengirimkan berkas (file) yang berisi tulisan, gambar, animasi, musik atau game. Fasilitas FTP ini memungkinkan pengguna untuk menyalin file secara elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya melalui internet.


5. Telnet


                Dengan fasilitas Telnet, kita dapat mengakses komputer temanmu yang berada jauh disana. Orang yang akan mengakses komputer itu harus memiliki alamat IP, user ID, dan Password dari komputer rekannya. Melalui fasilitas Telnet, pengakses dapat secara langsung bertukar file yang berisi tulisan, gambar, film, lagu atau game.


6. Teleconfrence (Konfrensi Jarak Jauh)


                Aplikasi Chatting terus dikembangkan sampai tercipta voice chat, yang kembudian menjadi teleconfrence. Caranya adalah dengan menambahkan sound card, termasuk VoIP blaster untek mengompres suara sehingga kualitasnya dapat dipertahankan. Ditambah dengan layanan multimedia internet, para ahli dapat mengembangkan suatu layanan teleconfrence yang lebih sempurna. Tujuannya agar para pengakses yang menggunakan Internet dapat melakukan percakapan jarak jauh dengan saling menandang satu sama lain.


Posted By:
-Ibrahim Jordan

Sumber : 
http://rizkaslifebaby.blogspot.com/2012/11/akses-internet-rangkuman-bab-3-tik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar